Ada kepercayaan di tengah masyarakat jika rutin mengonsumsi obat bisa rusak ginjal. Benarkah? Terkait hal ini, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Bintaro Jaya dr Tanya Herdita SpPD beri jawaban. Menurut penjelasannya, anggapan ini tidaklah benar.

"Salah. Jadi jangan percaya hal tersebut. malah yang bikin rusak kalau obat obatan tidak diminum secara rutin," ungkapnya pada kanal YouTube RS Pondok Indah dilansir, Kamis (11/4/2024). Dr Tanya menjelaskan jika justru yang merusak ginjal adalah jika penyakit faktor risiko tidak terkontrol karena tidak mengonsumsi obat. Misalnya hipertensi, diabetes hingga kolestrol yang tidak terkontrol karena tidak minum obat.

Dokter Bantah Minum Air di Malam Hari Bisa Merusak Ginjal Tertarik Suntik Infus Whitening? Ini Kata Dokter Soal Efek Sampingnya, Bisa Memicu Gangguan Ginjal Begini Cara Cepat Turunkan Kolesterol Tanpa Minum Obat

Benarkah Minum Teh Dapat Mengatasi Rasa Ngantuk? Begini Penjelasannya Kabar Terkini Indra Birowo, Sang Aktor Jaga Pola Makan hingga Rutin Minum Obat Usia Masuk 51 Tahun Kesehatan Terus Menurun, Indra Birowo Mulai Rutin Minum Obat

TRAGIS, Pencekik Istri di Tuban Akhirnya Ikut Meninggal, Ginjal Rusak Akibat Minum Racun Tikus Benarkah Menyusui Menyebabkan Rambut Menjadi Mudah Rontok? Begini Penjelasan Dokter "Jadi obat obatan diresepkan dokter pastikan sesuai kebutuhan pasien. Jadi apa yang diresepkan dokter, diminum," imbaunya.

"Jika harus dihentikan, biarkan dokter yang menghentikan pengobatannya. Jadi pasien tidak boleh diagnosis sendiri. Kalau ada apa apa segera konsultasikan ke dokter," kata dr Tanya menambahkan. Masyarakat memang harus berhati hati mengonsumsi obat obatan yang dijual secara bebas. Selain itu berhati hati pula mengonsumsi obat obatan yang tidak diresepkan oleh dokter.

"Khawatir bisa merusak ginjal. Yang terpenting, perubahan gaya hidup. Pertama olahraga, konsumsi makan bergizi dan jangan lupa minum air. Kalau ada apa apa jangan lupa berkonsultasi ke dokter," tutupnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *